Pembuatan Sistem Informasi Jalan Rusak Kabupaten Garut

Deskripsi Pembuatan Sistem Informasi Jalan Rusak

Setelah beberapa saat lalu Prilude terlibat dalam Pembuatan Sistem Informasi Jalan Rusak di Kabupaten Cianjur Jawa Barat, Kali ini Prilude mendapat kesempatan untuk membuat sebuah Sistem yang hampir sama namun dalam versi yang lebih lengkap untuk Dinas Bina Marga Kabupaten Garut. Karena kedua daerah yang berada di Provinsi Jawa barat tersebut memang mempunyai permasalahan yang hampir sama. Diantaranya yaitu jalan-jalan yang berlubang, maupun jalan yang sifatnya rusak parah.

Sistem Informasi Jalan Rusak yang dikembangkan oleh Prilude bersama Dinas Binamarga Kabupaten Garut ini, lebih lengkap daripada Sistem informasi yang telah Prilude kembangkan sebelumnya. Sistem Informasi ini selain bisa memberikan analisis jalan, juga bisa menganalisis kelengkapan Jalan seperti Jembatan, gorong-gorong dan lain sebagainya. Dan tentu saja Sistem yang baru ini telah mengalami perbaikan di segala sisi, dan menyingkirkan beberapa bug yang ada di Sistem sebelumnya.

Proses pendataan dimulai dari menambahkan data seluruh ruas jalan dan kelangkapannya (termasuk jembatan, gorong-gorong dsb) yang ada di seluruh Kabupaten Garut. Kemudian pegawai dari Dinas bisa menambahkan hasil survey yang dilakukan oleh surveyor. Data hasil survey kemudian mampu mengelompokan data ruas jalan termasuk Jembatan dan Gorong-gorong menjadi P1 Rutin, P1 Periodik dan P2 Pembangunan. Dari data tersebut bisa diperoleh ruas mana yang seharusnya menjadi perhatian utama untuk pembangunan/perbaikan.

Fitur Utama

  • Pengelolaan Ruas Jalan.
  • Pengelolaan Kelengkapan Jalan, termasuk Jembatan dan Gorong-gorong.
  • Pengelolaan Balai
  • Isi Form Survey
  • Pengelompokan Ruas Jalan Menjadi P1
  • Pengelompokan Ruas Jalan Menjadi P1 Periodik
  • Pengelompokan Ruas Jalan Menjadi P2 Pembangunan

Screen Shot

Persentasi Pembuatan Sistem Informasi Jalan Rusak di Kab. Garut
Persentasi Pembuatan Sistem Informasi Jalan Rusak di Kab. Garut

Gambar di atas menggambarkan bahwa Tim dari Prilude Studio sedang mempersentasikan hasil kerja dari pembuatan sistem informasi Jalan Rusak kepada para Pegawai dan Petinggi di Dinas Bina Marga Kabupaten Garut. Sedangkan gambar di bawah ini merupakan screen shoot dari Sistem yang telah dikembangkan yang meliputi, screen shoot saat login ke sistem, dashboard dari Sistem, Peta yang menggambarkan ruas jalan yang dimaksud, serta tampilan saat survey.

login_binamarga
Login
dashboard binamarga
Dashboard
peta_binamarga
Peta
survey_binamarga
Survey

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *