API Google Maps Sekarang Berbayar, Butuh Solusi?

API Google Maps

Pada tahun 2012, Google telah mengumumkan bahwa API Google Maps akan berbayar. Alasan Google itu dikarenakan para Developer Apps dan Website menggunakan API Google Maps lebih dari 25.000 load peta Google Maps perhari. Tetapi aturan ini mulai diterapkan sejak July 2018 seluruh Dunia.

Berikut ini adalah isi postingan blog milik Thor Mithcell (Manager API Google Maps) tentang Pembatasan API Google Maps, “Pengumuman pembatasan penggunaan peta Google ini harus dilakukan agar Google dapat terus menawarkan peta Google secara gratis ke sebagian besar Developer di tahun tahun depan”.

API Google Maps Berbayar, Para Pengguna Layanan Google Maps Mulai Mencari Alternative

Para vendor besar seperti Apple, Facebook, WikiPedia dan Foursquare pun mencari alternatif layanan ke berbagai penyedia peta lain, seperti Layanan peta Bing dari Microsoft, dan juga peta dari lembaga OpenStreetMaps pun jadi tujuan mereka. Wikipedia dan Foursquare mulai menggunakan peta dari OpenStreetMaps untuk layanan peta di Aplikasi IOS dan Android mereka. Sedangkan Facebook dan Apple sudah menggunakan peta Bing dari Microssoft.

Seperti yang dilaporkan oleh TechCruch, bahwa “Wikipedia sudah mulai menggunakan peta dari OpenStreetMaps. Langkah ini menurut Wikipedia sendiri perlu dilakukan, karena untuk mendukung informasi (peta) yang terbuka dan gratis.

Facebook sendiri memilih peta Bing dari Microssoft, karena Facebook sudah bekerja sama dengan Microssoft untuk menggunakan peta Bing di seluruh layanan yang dimiliki Facebook.

Gratis Kredit $300/Bulan Untuk Tahun Pertama Penggunaan API Google Maps.

Tapi Bagi Kalian yang berniat untuk membuat Aplikasi yang menggunakan Google Maps, Seperti Aplikasi Ojek Online. Tidak perlu kwatir. Karena Google masih berbaik hati untuk memberikan $300 perbulan untuk Developer Aplikasi di Tahun pertama.

Jadi kalau pemakaian tidak lebih dari $300/ Bulan atau sekitar 20.000 kali request API. Maka tidak perlu membayar. Yang perlu disiapkan untuk mendapatkannya yaitu harus memiliki kartu Kredit untuk pembayarannya. Karena di awal proses verifikasi, Kalian harus input nomer Kartu kredit yang valid. (Dan Google agak rewel untuk urusan ini) 

Harga Penggunaan Google Maps Yang Sudah Mulai Berbayar

Google kabarnya akan mematok dengan harga US $4 per 1.000 tampilan Google Maps yang melebihi 2.500 load peta Google Maps. Google juga berinisiatif untuk mengenakan biaya bagi aplikasi yang menggunakan layanan peta Goggle, hal ini dilakukan untuk mendorong berkembangnya OpenStreetMaps. Sebab layanan peta gratis dan terbuka ini masih membutuhkan respon dari pengguna layanan OpenStreetMaps agar bisa memperbaiki data petanya.

Sekian dari kami Penulis Prilude Studio. Untuk selengkapnya silahkan kunjungi situs kami di www.priludestudio.com atau kunjungi ig kami di prilude_id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.