FBI Dapat Intip Chat Whatsapp & Telegram Pengguna

FBI Intip Chat Whatsapp & Telegram Pengguna
FBI Dapat Intip Chat Whatsapp & Telegram Pengguna. Foto: MIX Company/Pexels

PriludeStudio.com-Tasikmalaya. Banyaknya aplikasi messaging yang telah mendukung enkripsi end-to-end yang merupakan sebuah sistem komunikasi di mana hanya pengguna yang sedang berkomunikasi saja yang dapat membaca pesan tersebut,  namun rupanya FBI Amerika Serikat(AS) dapat intip semua chat pengguna termasuk iMessage, WhatsApp, Signal, Telegram, Viber, dan WeChat.

Dilansir PriludeStudio dari Daily Star, menurut laporan dari Rolling Stone, FBI mengungkapkan bahwa badan intelijen dapat meminta data pribadi lebih dari sembilan layanan pesan terenkripsi.

Meskipun pesan tersebut tetap terenkripsi end-to-end, FBI dapat mengumpulkan metadata waktu secara real-time terkait pesan pengguna melalui WhatsApp dan aplikasi obrolan lainnya.

Metadata yang dikumpulkan ini termasuk nomor telepon pengguna, alamat IP, lokasi, stempel waktu pesan, dan siapa yang telah dihubungi pengguna dari waktu ke waktu.

Informasi ini dapat digunakan untuk menyatukan gerakan dan kontak pengguna secara akurat, tanpa merusak enkripsi end-to-end yang dijanjikan WhatsApp kepada penggunanya.

Meskipun tampaknya tidak terlalu berbahaya, namun hal ini dapat menimbulkan konsekuensi bagi pelapor atau mereka yang membutuhkan kerahasiaan agar tetap aman.

Sementara itu, lembaga pemerintah AS dapat memperoleh iMessages dari iCloud dengan surat perintah penggeledahan sesuai dengan pedoman penegakan hukum Apple.

Seorang juru bicara WhatsApp mengatakan kepada Independent bahwa isi semua obrolannya tetap aman dan terenkripsi sepenuhnya.
“Semua pesan yang Anda kirim ke keluarga dan teman di WhatsApp dienkripsi. Kami tahu bahwa orang ingin layanan perpesanan mereka dapat diandalkan dan aman – dan itu mengharuskan WhatsApp memiliki data yang terbatas,” kata WhatsApp.

“Kami dengan hati-hati meninjau, memvalidasi, dan menanggapi permintaan penegakan hukum berdasarkan hukum yang berlaku, dan jelas tentang ini di situs web kami dan dalam laporan transparansi reguler,” sambungnya.

“Pekerjaan ini telah membantu kami memimpin industri dalam menyampaikan komunikasi pribadi sambil menjaga orang tetap aman, dan telah membantu penangkapan dalam kasus kriminal, termasuk dalam kasus eksploitasi seksual anak,” tutup WhatsApp.

Laporan dari ProPublica pada awal tahun ini terungkap jika WhatsApp memiliki lebih dari 1.000 pekerja kontrak yang bertugas untuk meninjau laporan pengguna tentang konten eksplisit atau berbahaya setiap harinya.

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.