Bug Dalam Pemograman

Bug Dalam Pemograman Dan Bagaimana Prilude Studio Mengatasinya ?

Apa Itu Bug Dalam Pemograman ?

Bug Dalam Pemograman yaitu merupakan error yang terjadi pada source code. Error tersebut mengakibatkan output menjadi tidak sesuai dengan yang telah direncanakan dan serta berpotensi mengakibatkan kerugian yang besar.
Contohnya keamanan dalam suatu software, apabila terdapat suatu bug maka bisa dijadikan suatu celah atau pintu masuk bagi pengguna jahat untuk bisa membobol dan mencuri data yang ada . Proses memperbaiki bug disebut debugging.
Debugging adalah sebuah metode yang dilakukan oleh para pengembang perangkat lunak, untuk mendeteksi dan menghapus bug. Sehingga aplikasi dapat bekerja sesuai yang diharapkan. Proses debugging ini merupakan proses yang sangat wajib dilakukan ketika Kita membuat aplikasi. Dengan melakukan debugging, Kita bisa menghindari kesalahan dalam penulisan kode, mengetahui baris program yang tidak terpakai, menjaga dan meningkatkan keamanan sistem.

Lalu Mengapa Bug Dalam Pemograman Itu Bisa Terjadi ?

Bug Dalam Pemograman dapat terjadi karena adanya human error / kesalahan dari programmer itu sendiri. Hal itu bisa disebabkan karena cara koding yang buruk sehingga sulit untuk didokumentasikan. Serta logika dan pengetahuan tentang pemrograman yang kurang baik.

Selain hal diatas biasanya kesalahan yang terjadi juga dikarenakan deadline yang mepet. Terkadang programmer tidak diberikan waktu yang cukup untuk mendesain, melakukan pengkodean program dan pengujian program. Apabila salah satu dari 3 proses tersebut tidak diberikan waktu yang cukup maka jelas akan terjadi sebuah kesalahan/bug pada aplikasi , dan hal lain juga bisa dikarenakan karena terlalu banyaknya permintaan dari client untuk merevisi program yang sudah dibuat .

Bagaimana Prilude Studio Mengatasinya ?

  1. Pengecekkan pada Aplikasi agar tujuannya untuk mengetahui adanya bug pada aplikasi yang di buat. Kami mempunyai Team Quality Control yang handal untuk mengecek Aplikasi sebelum publish ke Playstore. Team di bagian Quality Control Kami adalah orang-orang yang teliti dan jeli. Karena mereka bertugas untuk mengecek apakah aplikasi mempunyai bug / error. Walaupun Bug/Errornya sedikit akan berakibat fatal dan system aplikasi yang di buat tidak berjalan sesuai yang di harapkan .
  2. Setelah Team Quality Control melakukan Pengecekkan dan menemukan bug pada aplikasi yang di buat, Programmer akan mengecek di bagian script mana bug itu berada.
  3. Proses tersebut akan berulang. Jadi Setelah Programmaer memperbaiki Code yang salah, Team Quality Control akan melakukan pengecekkan kembali dan memastikan sudah benar-benar tidak ada yang error lagi .

Langkah-langkah di atas ini dilakukan dengan cara profesional dan teliti agar menghasilkan sesuai yang di harapkan.

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.