Gandeng PPUMI, Telkomsel Perkuat Digitalisasi UMKM

Priludestudio.com-Tasikmalaya. Disampaikan oleh Telkomsel melalui unit bisnisnya, Telkomsel Enterprise menyatakan telah berkolaborasi dengan organisasi Pemberdayaan Perempuan UMKM Indonesia (PPUMI) yang bertujuan untuk meningkatkan literasi digital UMKM agar dapat lebih berdaya di tengah kondisi pandemi dengan memaksimalkan layanan dan solusi digital terintegrasi Telkomsel.

Kolaborasi itu ditandai dengan penandatanganan MOU pada Kamis (28/10) lalu. Senior Vice President Enterprise Telkomsel Dharma Simorangkir menyampaikan bahwa Indonesia masih memiliki tantangan dalam mendorong lebih banyak lagi pelaku UMKM lokal untuk lebih go digital.

“Melalui kolaborasi ini, Telkomsel kembali menegaskan komitmennya sebagai leading digital telco yang memiliki konsistensi dalam upaya membuka seluas-luasnya akses digital bagi seluruh lapisan masyarakat termasuk membuka lebih banyak peluang bagi pelaku UMKM lokal Indonesia bisa melesat dengan digital. Langkah ini sejalan dengan komitmen Telkomsel untuk terus memperluas pemanfaatan teknologi terdepan di berbagai sektor bisnis dan kehidupan,” ungkap Dharma dalam keterangan tertulis, Jumat (12/11/2021).

Ketua Umum PPUMI, Munifah Syanwani, pemberdayaan digital untuk UMKM menjadi perhatian pemerintah, seperti yang disampaikan Presiden Joko Widodo saat menyampaikan pidatonya dalam acara KTT G20 di La Nuvola, Roma. oleh karena itu, PPUMI berupaya meningkatkan upaya dan usaha bagi UMKM dalam mengembangkan dirinya terutama dalam hal Digitalisasi.

“Segala sesuatunya dan transaksi apapun yang dilakukan saat ini sudah harus menggunakan digital tidak hanya di perkotaan saja, akan tetapi merambah sampai ke pedesaan nun jauh di sana, yang tentunya semua itu membutuhkan perhatian tersendiri. Oleh karena itu, PPUMI bekerja sama dengan Telkomsel sedang mempersiapkan berbagai inisiatif terkait dengan digitalisasi UMKM, mulai dari sosialisasi, edukasi dan pembinaan yang akan dilakukan rutin secara nasional, sekaligus mempersiapkan inisiatif terkait pembiayaan atau akses permodalan serta pasar, yang semuanya sudah mengarah kepada sistem digitalisasi,” Ujar Munifah.

Dharma menambahkan upaya kolaboratif ini mendorong peran Telkomsel sebagai digital ecosystem enabler untuk meningkatkan literasi digital bagi para pelaku UMKM melalui berbagai kegiatan, antara lain penyelenggaraan webinar maupun seminar yang bertujuan meningkatkan pemahaman tentang digital marketing, workshop untuk membantu pelaku UMKM dalam mengoptimalkan layanan digitalisasi terintegrasi, serta penyediaan beragam konten edukasi terkait digital marketing dan sertifikasi halal untuk pengembangan UMKM melalui platform 99% Usahaku.

Beliau menyampaikan, bahwa layanan 99% Usahaku merupakan platform multifungsi yang dihadirkan Telkomsel untuk mendukung pengembangan bisnis UMKM. Platform 99% Usahaku memiliki berbagai fitur yang dirancang untuk membantu para pelaku usaha UMKM dalam meningkatkan pengetahuan bisnis, meningkatkan produktivitas secara digital, membuka akses permodalan, hingga memperluas pemasaran sampai ke luar negeri.

Dharma juga menyatakan dalam kolaborasi dengan PPUMI ini, Telkomsel akan memaksimalkan pemanfaatan ekosistem digital 99% Usahaku untuk dapat meningkatkan literasi ekonomi dan keuangan digital para pelaku UMKM, sehingga mampu mengakselerasi transformasi sektor UMKM secara nasional.

“Kolaborasi ini menjadi bagian dari langkah nyata Telkomsel dalam mendukung UMKM Go Digital, yang merupakan program pemerintah untuk semakin meningkatkan daya saing UMKM hingga ke taraf global. Kami berharap kolaborasi ini dapat mewujudkan pemberdayaan UMKM yang lebih komprehensif, serta membantu transformasi digital lintas sektor yang lebih merata dan cepat untuk memperkuat perekonomian nasional melalui pemanfaatan layanan dan solusi digital yang terintegrasi,” ujarnya.

 

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.