Indonesia Perlu Satelit 1 TB Untuk Transformasi Digital

PriludeStudio.com-Tasikmalaya. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerard Plate telah mengungkapkan bahwa Indonesia sedang membutuhkan satelit dengan kapasitas yang besar untuk transformasi digital yang mencapai 1 terabyte.
“Kita membutuhkan kapasitas satelit yang sangat besar, 1 terabyte setidaknya di dalam roadmap satelit Kominfo,” kata Johnny dalam penandatanganan pinjam-pakai lahan BTS 16 kabupaten dengan BAKTI Kominfo di The Nusa Dua, Bali, Jumat (26/11/2021).

Beliau menuturkan bahwa untuk saat ini untuk telekomunikasi di Indonesia sudah memanfaatkan sembilan satelit. Sembilan satelit tersebut terdiri atas empat satelit nasional dan lima satelit asing.

Baginya, kesembilan satelit tersebut belum cukup karena kapasitasnya baru 50 gigabyte. 60 persen dari kapasitas tersebut digunakan oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (BAKTI) Kominfo.

“60 persen kapasitas satelit komunikasi digunakan oleh BAKTI untuk mendukung pembangunan untuk membangun transformasi digital,” ungkapnya.

Johnny berharap Kominfo segera bisa meletakkan Satelit Satria 1 yang saat ini dalam proses produksi. Ia menargetkan, pada kuartal keempat tahun 2023 satelit itu bisa mengudara sehingga Indonesia mempunyai satelit terbesar di Asia dan nomor lima di dunia.

Pasalnya, Satelit Satria 1 dirancang memiliki kapasitas sekitar 150 Gbps. Kapasitas ini tiga kali lebih banyak dari sembilan satelit yang saat ini digunakan.

Menkominfo juga menyebutkan bahwa pembiayaan teknologi komunikasi memang tidak mudah. Karena itu diperlukan adanya berbagai gagasan untuk mencari bauran teknologi serta bauran pembiayaan (blended technology and blended financing).

Berbagai bauran pembiayaan yang sudah diupayakan yakni dari universal service oblgation (USO), penerima negara bukan pajak sektor Kominfo, dari rupiah murni, bahkan juga dari international financial market.

“Tidak gampang (mencari bauran pembiayaan) dan ini mau dihadirkan di daerah termasuk di daerah-daerah 3T untuk kepentingan masyarakat,” ujarnya.

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.