Pembaruan Notepad di Windows 11 Ada Dark Modenya, Wow

Wow! Pembaruan Notepad di Windows 11 Ada Dark Modenya
Pembaruan Notepad di Windows 11 Ada Dark Modenya, Wow.
Foto : Life Of Pix/ Pexels

PriludeStudio.com-Tasikmalaya. Diketahhui Microsoft terakhir kali melakukan pembaruan Notepad pada 2018 lalu, dan kini akhirnya mereka memperbarui aplikasi text editor tersebut untuk diterapkan pada Windows 11.

Namun, pada pembaruan kali ini Microsoft mencoba untuk menebus lambatnya kehadiran pembaruan tersebut dengan melakukan perubahan UI besar-besaran, termasuk pinggiran yang membulat, tampilan menu baru, dan juga laman pengaturan baru.

Tampilan antarmukanya ini telah diperbarui menggunakan Mica, yang merupakan sebuah tampilan antarmuka dinamis yang cukup transparan, sehingga warnanya akan mengikuti warna laman yang ada di belakangnya, seperti wallpaper yang dipakai di desktop.

Hal baru dari Notepad yang telah diperbarui di windows 11 adalah dark mode, di mana pengguna bisa mengaktifkannya lewat laman pengaturan. Namun khusus untuk yang sudah mengaktifkan dark mode di Windows 11 ini, Notepad akan mengikuti pengaturan dark mode dari Windows 11.

Soal kemampuan dalam pengolahan teks pun ada fitur baru. Yaitu fitur search/find/replace yang lebih baik, serta terlihat lebih modern dan lebih mudah digunakan, demikian dikutip PriludeStudio dari Techspot, Senin (13/12/2021).

Lalu, pengembang Notepad pun telah menambahkan fitur undo multi level, yang kabarnya merupakan fitur paling banyak diminta oleh komunitas.

Microsoft pun mengaku telah mengetahui kalau Notepad versi sebelumnya masih punya beberapa bug yang perlu diperbaiki, dan mereka berjanji akan memperbaiki masalah itu ke depannya.

Notepad baru untuk Windows 11 ini baru tersedia untuk Windows 11 Insider, dan bisa ditemukan lewat Microsoft Store. Pengguna Windows 11 non Insider tentu harus bersabar untuk bisa menjajal Notepad anyar.

Pada pembaruan yang dirilis 2018 lalu, Notepad telah memperkenalkan beberapa hal baru seperti shortcut baru dan peningkatan fitur find/replace serta word-wrap. Namun setelahnya, tak ada pembaruan sama sekali untuk Notepad.

Di sisi lain juga, text editor buatan pihak luar Microsoft terus berkembang, baik yang gratis maupun berbayar, seperti Sublime Text, Notepad++, dan Atom.

 

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.