Fitur NFC di Iphone Akan Hadir Untuk Pembayaran Kartu Kredit

Fitur NFC di Iphone Akan Hadir Untuk Pembayaran Kartu Kredit
Foto : Ivan Baby/Pexels

PriludeStudio.com – Tasikmalaya. Apple dikabarkan sedang mengembangkan fitur NFC di iphone yang memungkinkan bagi penggunanya agar dapat menerima pembayaran kartu kredit melalui teknologi nirsentuh (contactless) tanpa menggunakan perangkat keras tambahan.

Menurut laporan dari Bloomberg pada Jum’at (28/1/2022) dijelaskan bahwa sistem Apple ini kemungkinan akan menggunakan teknologi NFC yang mirip dengan Apple Pay.

Saat ini, bagi pelaku usaha kecil yang ingin menerima pembayaran menggunakan iPhone diharuskan menggunakan perangkat keras pihak ketiga (eksternal). Seringkali perangkat keras ini berasal dari perusahaan jasa keuangan Square yang menjual beberapa terminal pembayaran yang berbeda untuk perangkat iPhone dan iPad.

Apple akan dapat melompati perangkat keras Square dengan mengintegrasikan teknologi terminal tap-to-pay langsung ke iPhone menggunakan chip NFC bawaannya. Ini berarti bagi pelaku usaha kecil akan dapat menerima pembayaran tap-to-pay tanpa perangkat keras eksternal lagi kedepannya.

Fitur NFC di Iphone juga akan berfungsi dengan Apple Pay, yang memungkinkan penggunanya untuk mengetuk iPhone mereka ke bagian belakang iPhone lain untuk dapat melakukan pembayaran.

Fitur yang akan datang ini justru akan mengubah iPhone menjadi terminal pembayaran, yang memungkinkan pengguna seperti makanan pinggir jalan hingga salon menerima pembayaran dengan mengetuk kartu kredit atau iPhone lain ke bagian belakang perangkat mereka.

Tidak jelas diketahui apakah opsi penerimaan pembayaran yang akan dibuat ini akan dicap sebagai bagian dari Apple Pay, meskipun tim yang mengerjakan fitur tersebut telah bekerja di dalam divisi pembayaran Apple sejak dibawa dari Mobeewave.

Tidak diketahui juga apakah Apple akan bermitra dengan jaringan pembayaran yang ada untuk fitur tersebut atau meluncurkannya sendiri.

Melansir dari 9to5mac menurut laporan fitur ini tampaknya akan diluncurkan melalui fitur software dalam beberapa bulan mendatang yang mungkin akan segera digulirkan setelah perilisan iOS 15.4.

Apple pun hari ini merilis sistem operasi barunya yakni iSO 15.3 secara publik, jadi pengujian beta pada iOS 15.4 diharapkan akan dimulai lebih cepat. Ini adalah upaya internal Apple untuk meluncurkan fitur pembayaran dengan iPhone setelah mengakuisisi Mobeewave pada tahun 2020 senilai sekitar USD 100 juta.

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.