5 Kesalahan Dalam Pemakaian WhatsApp

5 Kesalahan Dalam Pemakaian WhatsApp
5 Kesalahan Dalam Pemakaian WhatsApp. Foto: HeikoAL/Pixabay

PriludeStudio.com – Tasikmalaya. Seperti yang kita ketahui, WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pesan yang sangat populer dan mudah digunakan saat ini. Saking simpelnya, orang kadang tidak menyadari ada 5 kesalahan dalam pemakaian WhatsApp.

WhatsApp memiliki banyak fitur berguna, namun tidak semua orang tahu. Sementara, banyak orang yang memakai WhatsApp tapi kurang memahami pentingnya perlindungan diri dan privasi. Dilansir dari News.com Australia, Minggu (10/4/2022) berikut penjelasannya.

5 Kesalahan dalam pemakaian WhatsApp:

1. Memberikan kode verifikasi ke orang lain

Ini adalah modus kejahatan paling umum dilakukan penjahat siber di dunia untuk mencuri akun WhatsApp Anda, yaitu dengan meminta kode verifikasi 6 digit. Caranya adalah dengan pura-pura jadi teman, atau salah kirim kode dan minta dikirim balik.

Respons terbaik adalah: jangan dan jangan pernah memberikan kode verifikasi kepada siapapun juga. Risikonya sangat besar, penjahat bisa mengambil alih akun Anda. Semua percakapan penting, data, foto, pembicaraan pribadi atau informasi sensitif bisa diambil semua.

Bagaimana cara pencegahan yang efektif? Jika menerima pesan mencurigakan dari yang mengaku teman, telepon balik saja atau video call untuk mengklarifikasi. Penjahat pasti tidak mau wajah dan suaranya dikenali.

2. Tidak pakai Two-factor verification

Kesalahan lain yang dilakukan pengguna WhatsApp adalah tidak memasang two-factor verification. Sebuah kesalaha besar. Pengguna WhatsApp wajib pakai two-factor verification.

Ini adalah cara untuk mencegah akun WhatsApp Anda dibobol orang lain. Bagaimana cara menyalakannya? Gampang kok.

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Klik Setting -> Account -> Two-step verification -> Pilih nyalakan.
3. Tidak mengunci WhatsApp

Tahukah Anda kalau layar WhatsApp bisa dikunci? Nyatanya banyak orang tidak melakukannya dengan pikiran mereka sudah mengunci layar ponselnya.

Padahal, mengunci WhatsApp bisa jadi pertahanan lapis kedua jika ada yang ingin membuka WhatsApp Anda tanpa izin. Misalnya, entah bagaimana seseorang bisa mengakses ponsel Anda, mereka tidak bisa masuk ke WhatsApp jika ada perlindungan tambahan.

Ini caranya:

  • Buka aplikasi WhatsApp, klik Setting -> Account -> Privacy
  • Pilih Fingerprint Lock dan aktifkan
  • Anda bisa pilih waktu penguncian layar, langsung, 1 menit atau 30 menit.
4. Menyalakan auto-saving sampai kehabisan paket data

Kecuali memang uang bukan masalah buat Anda, poin yang ini bisa dianggap bukan kesalahan. Namun, banyak pengguna WhatsApp kesal paket datanya habis karena semua foto dan video yang dikirim otomatis di-download.

Padahal, opsi ini bisa diatur dari setingan WhatsApp supaya tidak otomatis mengunduh file media. Kecuali misalnya dapat akses WiFi unlimited yang bisa dipakai.

Cara mengaturnya:

  • Buka aplikasi WhatsApp, klik Setting -> Storage and Data
  • Atur Media auto-download sesuai kebutuhan saat pakai data seluler, WiFi dan roaming
5. Gampang dimasukan grup oleh orang lain

Kesalahan terakhir yang umum dilakukan adalah tidak melindungi akun supaya tidak gampang dimasukan ke grup oleh orang lain, apalagi yang tidak kita kenal. Tentu sebal rasanya jika tiba-tiba kita masuk ke grup tanpa persetujuan kita.

Ada caranya supaya itu tidak terjadi. Ikuti langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi WhatsApp, klik Setting -> Account -> Privacy -> Groups
  • Pilih siapa yang bisa mengirim undangan grup antara Everyone, My Contacts atau My Contacts except.

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.