Sejarah Komputer Abad ke-20

komputer
Foto oleh : /istockphoto

Sejarah Komputer Pada tahun 1801, pengusaha Joseph Marie Jacquard menciptakan alat tenun yang menggunakan kayu berlubang untuk secara otomatis membuat alat tenun desain kain.

Setelah itu pada tahun 1821, seorang matematikawan Inggris bernama Charles Babbage merancang komputer bertenaga uap untuk menghitung tabel bilangan.

pemerintah Inggris mendanai Ciptaan tersebut namun gagal karena kurangnya teknologi saat itu.

Selain itu, matematikawan Inggris Ada Lovelace menulis program komputer pertama di dunia.

Lalu Pada tahun 1853, penemu Swedia Georg Scheutz dan putranya Edvard merancang kalkulator cetak pertama di dunia.

Kemudian pada tahun 1890, Herman Hollerith merancang sistem kartu punch untuk menghitung Sensus AS tahun 1890.

Pada tahun 1931 tepatnya, Vannevar Bush di MIT membangun Differential Analyzer, komputer analog mekanis otomatis skala besar pertama.

Kemudian Pada tahun 1936, ilmuwan dan matematikawan Inggris Alan Turing mendemonstrasikan prinsip-prinsip mesin universal yaitu mesin Turing.

Selanjutnya Pada tahun 1937, John Vincent Atanasoff, seorang profesor fisika dan matematika, mengajukan proposal hibah untuk membangun komputer listrik pertama tanpa menggunakan roda gigi, sabuk atau poros.

Kemudian pada tahun 1941, penemu dan insinyur Jerman Konrad Zuse membangun mesin Z3, yang menjadi komputer digital pertama di dunia.

Yang selanjutnya adalah pada tahun 1941, ketika Atanasoff dan Clifford Berry merancang komputer digital elektronik pertama di Amerika Serikat, yaitu Atanasoff-Berry Computer (ABC).

Ini adalah pertama kalinya komputer mampu menyimpan informasi pada memori utama dan mampu melakukan satu operasi setiap 15 detik.

Dan Sejarah Komputer Pada tahun 1945, Profesor di University of Pennsylvania, John Mauchly dan J. Presper Eckert merancang dan membangun Electronic Numerical Integrator and Calculator (ENIAC).

William Shockley, John Bardeen dan Walter Brattain menemukan transistor pada 1947.

Penemuan transistor ini membawa dampak besar karena bisa membuat saklar listrik memakai bahan padat.

Sampai kepada tim Universitas Cambridge mengembangkan Electronic Delay Storage Automatic Calculator (EDSAC) pada 1949, yang mampu membuat program komputer tersimpan secara praktis.

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.