Sejarah Prilude

Prilude masih muda dan akan terus bersemangat muda, tapi kami memiliki pengalaman yang panjang.

Awal Mulai

Mimpi-mimpi besar untuk mendirikan perusahaan teknologi, dimulai sejak co-founder kami kuliah. Taofik Muhammad dan Dini Rafuani Pratiwi sebagai Founder Prilude kuliah di dua jurusan yang berbeda. Taofik Muhammad kuliah di Pendidikan Ilmu Komputer sedangkan Dini Rafuani Pratiwi kuliah di Akuntansi. Keduanya menimba ilmu di kampus yang sama, yaitu Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Pada awalnya Prilude belum memiliki bentuk yang baku. Perusahaan ini, sama sekali belum memiliki kejelasan tentang produk atau jasa apa yang akan dijual. Kami pernah mencoba untuk berjualan kaos, membuat web portal berita, bajakan software games dan aplikasi, hingga pernah juga mencoba peruntungan di bisnis kuliner. Namun semuanya tidak membuahkan hasil secara finansial, namun tentu saja membuahkan hasil dari segi pengalaman, dan hal tersebut sama-sama berharganya.

Lulus Kuliah

Setelah lulus kuliah kemudian melanjutkan ke jenjang S2. Co-Founder kami dipertemukan dengan Andri Adikusumah (Founder PT. ASQI Cianjur). Andri memperkenalkan dengan dunia jasa pembuatan software. Pada saat itu, jasa pembuatan software belum merambah dunia perusahaan yang real. Kami membantu mengerjaka project tugas akhir mahasiswa Teknik Informatika.

Beberapa project tugas akhir kami kerjakan bersama. Namun karena terpaut jarak, akhirnya kami mencoba untuk menggarap pasar mahasiswa Bandung secara mandiri.

Project-project yang kami kerjakan di Tugas Akhir banyak, dan mampu memberikan pemasukan yang lumayan pada saat itu. Namun demikian, beban kerjanya pun banyak, karena harus berurusan dengan revisi dari dosen penguji.

Memulai Freelance

Dikarenaka project tugas akhir cukup berat, kami mencoba untuk memasukan dunia yang real. Project yang dikerjakan untuk perusahaan UMKM atau perseorangan yang sedang membangun startup. 

Kami memulai freelance sejak tahun 2014. Pada saat itu project sudah banyak yang masuk, dan kami hanya mengandalkan website saja untuk pemasaran.

Yang bekerja sebagai programmer adalah Taofik Muhammad dan Dini Rafuani Pratiwi bertugas sebagai marketing sekaligus negosiasi harga.

Pertumbuhan perusahaan cukup bagus hingga pada akhirnya kami kewalahan untuk mengerjakan tugas-tugas dari klien.

Membanguan CV Prilude Indonesia

Sejalan dengan pertumbuhan perusahaan sehingga menyebabkan kesulitan dalam menghandle tugas yang diberikan, kami kemudian membangun CV. Prilude Indonesia. Kantor Pertama perusahaan kami terletak di perumahan yang tenang, ditengah kota Tasikmalaya, perumahan BRP namanya.

Pembentukan CV Prilude Indonesia dilakukan pada bulan Oktober, tahun 2017. Pada akta notaris tercatat Taofik Muhammad sebagai direktur, dan Dini Rafuani Pratiwi sebagai Wakil Direktur.

Pada awal mula, karyawan kami hanya satu orang, dan dibantu oleh karyawan Magang dari Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya. Seiring berjalan waktu, kebutuhan akan karyawan terus bertambah.

Selang dua tahun dari kantor pertama kami di BRP, kami pindah ke Jalan Padasuka No.17, Kota Tasikmalaya. Hingga tulisan ini dibuat, kami masih menempati kantor tersebut

Terus berlanjut

Cerita ini akan terus berlanjut, dan sejarah demi sejarah akan kami tulis dikemudian hari. Karena perusahaan ini tidak akan pernah berhenti, sampai kiamat.


Tertarik untuk membuat aplikasi bersama kami?

Hi, sudah punya ide mau buat aplikasi apa? dan Anda mulai tertarik mewujudkannya bersama Prilude Studio? yuk hubungi kami segera. Klik tombol berikut, untuk memulai percakapan

Pesan Sekarang