Beberapa Daerah di Indonesia Yang Bisa Akses 5G

Gambar: Jaringan 5G

PriludeStudio.com- Tasikmalaya. Tanpa diketahui banyak orang, jaringan 5G mulai menyebar di Indonesia. Untuk saat ini, layanan 5G baru tersedia di kota-kota besar. Ini beberapa daerah yang bisa akses 5G di Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate, mengatakan bahwa Pemerintah sedang mengupayakan untuk menghadirkan 5G di Indonesia.

Berdasarkan data GSMA pada Juni 2021, Menkominfo menyebutkan bahwa komersialisasi 5G sudah hadir di 62 negara oleh 157 operator seluler.

Sedangkan di lingkup Asia Tenggara, Johnny mengatakan layanan jaringan seluler generasi kelima ini sudah menyambangi negara seperti Thailand, Filipina, dan Singapura.

“Per Juni 2021, Kementerian Kominfo mengupayakan operasional komersialisasi layanan 5G,” ujar Menkomnfo dalam diskusi virtual “How Digital Ecosystem Will Shape The Future of Business” oleh Lintas Teknologi Indonesia, Selasa (23/11/2021).

Kemudian, Berikut daftar daerah di Indonesia yang bisa akses 5G:

  1. Jabodatabek
  2. Solo
  3. Medan
  4. Balikpapan
  5. Surabaya
  6. Makassar
  7. Bandung
  8. Batam
  9. Denpasar

    Pengembangan jaringan 5G ini dikarenakan adanya potensi yang menggiurkan akan teknologi masa depan tersebut. Menurut riset ITB, pengembangan jaringan 5G dapat berkontribusi besar pada ekonomi negara.

“Dapat memberikan kontribusi sekitar Rp 2.800 triliun atau setara 9,5% dari PDB Indonesia tahun 2021 hingga 2030. Bahkan, lebih dari Rp 3.500 triliun setara dengan hampir 10% dari PDB Indonesia di tahun 2035,” ungkapnya.

“Pengembangan 5G menyimpan pemanfaatan potensial pertumbuhan investasi bisnis di Indonesia di kisaran Rp 591-719 triliun tahun 2035. Jadi, ruang pertumbuhan investasi sangat besar di sektor 5G,” jelasnya.

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.