Waspadalah Terhadap Hacker Kamera HP! Ini Solusinya

Cara Mengamankan Kamera HP Agar Tidak di Hack. Foto: SoraShimazaki/Pexels

PriludeStudio.com-Tasikmalaya. Sudah pernah dengar hacker bisa meretas kamera HP? Tenang, kita dapat melindungi diri kita dari pantauan hacker yang tidak bertanggung jawab dengan menyalahgunakan kemampuannya.
Apabila kamu khawatir dan sadar bahwa ada potensi kamera HP kamu untuk diretas, maka cobalah lakukan langkah-langkah berikut untuk mengamankan HP sebagaimana melansir First Digital:

  1. Kunci
    Jika HP kamu tidak mengunci sendiri secara otomatis, pastikan kamu menyetelnya agar memerlukan kode sandi (yang kuat), sidik jari, atau pengenalan wajah untuk dibuka. Ini mungkin tampak sedikit merepotkan tapi tidak sebanding dengan risikonya jika kamu mengabaikan langkah ini.
  2. Tetap Update
    Selalu catat bahwa wajib memperbarui sistem operasi dan perangkat lunak ponsel secara teratur. Jadi, setiap kali pemberitahuan muncul, instal segera atau atur ponsel kamu untuk menginstal semua pembaruan secara otomatis.
  3. Jangan Pernah Pakai Wifi Publik
    WiFi publik sangat terlarang. Di mana pun itu, karena ketika kamu terhubung maka kamu membuka kerentanan pada HP. Jika kamu harus menggunakan WiFi publik, login terlebih dahulu ke VPN yang menyalurkan jaringan melalui komunikasi terenkripsi.

    Tambahan, Kita diimbau untuk mematikan fitur auto-join dan Bluetooth sama sekali dan hanya menyalakannya saat membutuhkannya saja.
  1. Aplikasi Yang Aman-aman Saja
    Hanya unduh aplikasi dari platform resmi (Apple App Store dan Google Play Store). Jangan pernah mengunduh aplikasi yang dikirimkan kepada kamu melalui teks. Juga, jangan jailbreak / root HP kamu atau menggunakan yang sudah pernah di-jailbreak sebelumnya.

Beberapa aplikasi secara default memiliki akses ke kamera. Periksalah pengaturan setiap aplikasi untuk memastikan bahwa akses kamera telah dimatikan. Saat melakukannya, cabut izin lain yang tidak dibutuhkan yang secara default ‘aktif’ saat diunduh.

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.