Rekomendasi 5 Situs MOOC paling banyak digunakan di Indonesia

Pengantar

Pernahkah kamu mendengar istilah MOOC? yep, MOOC adalah singkatan dari Massive Open Online Course. Intinya, ini adalah sebuah situ. Sengan situs MOOC kamu bisa mengakses beragam kursus untuk meningkatkan keterampilan hidup.

Sesuai dengan namanya “Massive“, situs MOOC biasanya memiliki satu kelebihan, yaitu kursusnya bisa diakses oleh sangat banyak orang. Anda bisa bayangkan, hal tersebut tidak akan bisa dilakukan di tempat kursus offline, bukan? Karena tempat kursus offline terbatas secara ruangan.

Pada artikel ini, kami akan membahas lima (5) situs MOOC lokal paling banyak digunakan di Indonesia.

1. Binar Academy

Situs MOOC ini diprakarsai oleh lulusan StartUp raksasa Indonesia, Gojek. Setelah menyelesaikan perjalanannya yang luar biasa di GOJEK, Alamanda Shantika memulai petualangan baru untuk menyebarkan semangat belajar melalui Binar. Di Binar kita bisa mengikuti beragam kursus online seperti Business Intelligence, Product Management, Mobile Development, UI/UX design dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Dicoding

Dicoding merupakan situs MOOC yang menawarkan kursus yang spesifik, yaitu tentang pemrograman. Pada situs tersebut kamu bisa belajar banyak hal, mulai dari pembuatan aplikasi android, iOS hingga machine learning.

3. SkillAcademy

Dikembangkan oleh tim dari Ruang Guru. Kita tahu sendiri bahwa ruang guru merupakan layanan bimbel online terbesar saat ini. Untuk mengembangkan sayap, ruang guru membuat layanan baru dengan nama SkillAcademy. SkillAcademy sudah bekerjasama dengan program kartu prakerja. Artinya kita bisa menggunakan saldo dari kartu prakerja untuk belajar di SkillAcademy. Pada situs MOOC tersebut kita bisa belajar banyak hal termasuk persiapan untuk mengikuti seleksi CASN

4. Pijar Mahir

Berikutnya, kita bahas tentang Pijar Mahir. Situs ini merupakan salah satu situs yang direkomendasikan oleh program kartu prakerja. Menariknya di Pijar Mahir, pilihan kursus-nya sangat beragam. Mulai dari Teknologi, Digital, Marketing, Pengembangan Diri, Bahasa, Bisnis UKM, Hingga telekomunikasi. Kursus yang tersedia juga sangat spesifik, contohnya tersedia kursus bahasa khusus Asisten Pribadi.

5. Arkademi

Arkademi, merupakan salah satu situs MOOC yang bisa kamu pilih. Sama seperti Pijar, situs ini juga telah didukung oleh Prakerja. Menariknya adalah Arkademi memiliki lisensi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI.

Nah, itulah lima situs MOOC rekomendasi kami di tim Prilude Studio. Sekarang giliran Anda, mau belajar di website yang mana? oh iya, belajar dimanapun boleh ya. Yang penting kita punya semangat untuk menyelesaikan apa yang telah kita mulai. Jangan sampai berhenti di tengah perjalanan.

Materi Lengkap

Tertarik untuk belajar lebih lengkap? silakan download materi MOOC disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *