Ketika Teknologi Telah Menelanjangi Kita

Ketika Teknologi Telah Menelanjangi Kita
Foto oleh : Andrea Piacquadio

Google- Ketika Teknologi Telah Menelanjangi Kita, Pandemi COVID 19 membuat dunia menjadi resah, termasuk di Indonesia. Dalam seketika pembelajaran berubah drastis. Tak dapat dipungkiri pandemi COVID 19 telah membawa pengaruh berbagai aspek. 

Ketika Teknologi Telah Menelanjangi Kita dari aspek kesehatan, pendidikan, dan ekonomi. Khususnya dalam aspek pendidikan, metode pembelajaran yang ada pada mulanya dapat berjalan dengan normal terpaksa harus dilakukan secara daring.

Karena kondisi tersebut, semua civitas pendidikan mau tidak mau harus melek akan teknologi. Begitu pun perkembangan teknologi menjadi sarana penting yang sangat membantu agar proses belajar mengajar tetap dilaksanakan. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi pendidik dan peserta didik. 

Tantangan tersebut sekaligus menjadi peluang atau kesempatan untuk mengoptimalkan digitalisasi pendidikan. Diharapkan dengan semakin berkembangnya transformasi teknologi digital di dunia pendidikan, dapat meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar.

Untuk menyelesaikan tantangan pendidikan di era teknologi digital, dibutuhkan adaptasi dan kolaborasi dari berbagai pihak. Beberapa pihak menganggap bahwa digitalisasi pendidikan akan berpotensi menimbulkan dampak buruk bagi kultur pendidikan dan kualitas sumber daya manusia (SDM) siswa Indonesia. 

Di sisi lain, digitalisasi akan mempermudah proses belajar mengajar siswa karena para siswa dapat mengakses bahan ajar ataupun bahan ujian dalam satu jaringan.

Peluang pembelajaran melalui digital itu sendiri cukup besar karena melalui digital, informasi yang kita dapat lebih luas dan segala hal bisa diakses dengan mudah. 

Namun, tantangan pembelajaran digital di balik itu juga ada, misalnya membuat anak-anak kecanduan gadget, membuat tidak fokus ataupun yang lainnya karena melalui internet segala hal terlalu bebas sehingga sulit untuk menyaringnya. Dunia pendidikan yang semakin dinamis cepat memaksa kita untuk mengetahui dan mahir dalam penggunaan teknologi.

Di saat era pandemi COVID 19, sistem pendidikan kita harus siap melakukan lompatan untuk melakukan transformasi pembelajaran daring bagi semua guru dan siswa. Kita memasuki era baru untuk membangun kreativitas, mengasah skill siswa, dan peningkatan kualitas diri dengan perubahan sistem, cara pandang dan pola interaksi kita dengan teknologi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Mulai Chat
1
Hi, Butuh Bantuan?
Hi, Selamat Datang di Prilude Studio. Ada yang bisa kami bantu?
_________________________________
Kami siap membantu Anda pada:
Senin - Jumat 09:00 - 17:00
Sabtu 09:00 - 13:30
%d blogger menyukai ini: