Cara Install Fonts di Chromebook

Pendahuluan

Perangkat laptop murah, Chromebook, memiliki fitur yang sama saja seperti laptop pada umumnya. Termasuk bisa kita manfaatkan untuk membuat banner, spanduk, logo atau keperluan design lainnya. Namun demikian laptop ini berjalan di bawah Sistem Operasi Chrome OS yang dikembangkan dari Sistem Operasi Linux.

Saat kita menggunakan Chromebook untuk keperluan design, biasanya kita bermasalah dengan ketersediaan font. Padahal font menjadi elemen yang sangat penting dalam design. Karenanya, perlu bagi kita agar bisa memasang font tambahan ke laptop Chromebook kita.

Di tutorial kali ini, kami akan menjelaskan tentang bagaimana sih caranya agar kita bisa install font baru ke Google Chromebook. Yuk, simak sama-sama cara install fonts di chromebook dan jangan lupa di share ke orang lain ya.

1. Membuat folder .fonts

Oh iya, sebelum bisa menjalankan ini. Pastikan kamu sudah mengaktifkan fitur linux dulu ya di Chromebook-nya. Kalau sudah, silakan buka terminal (launcher > terminal) dan pastikan Anda sudah berada di rootfolder. Jika belum, kamu bisa menuliskan perintah cd ~. Lalu tuliskan perintah berikut untuk membuat folder baru dengan nama folder .fonts.

sudo mkdir .fonts

Nantinya folder akan jadi tempat penampungan font yang sudah kamu unduh. Periksa, apakah folder .fonts sudah ada atau belum dengan menuliskan perintah berikut

ls -l -a

Kalau berhasil, harusnya kamu akan menemukan folder .fonts seperti pada gambar berikut

2. Mengunduh Font Baru

Berikutnya, mari kita unduh font baru. Untuk Melakukannya, kamu bisa mencari dari website font favorite kamu. Dalam tutorial kali ini, kami merekomendasikan untuk mengunduhnya dari Google Fonts.

Tangkapan layar google fonts pada artikel Cara Install Fonts di Chromebook

Jangan lupa untuk tempatkan hasil unduh-nya ke folder linux bukan ke folder lain (biar tidak bingung). Untuk lebih jelasnya, silakan lihat pada gambar dibawah ini

Sebelum dilanjutkan, mari kita pindahkan dulu file font tadi ke folder .fonts. Caranya gampang kok, tinggal gunakan perintah mv seperti pada contoh dibawah.

sudo mv Install.otf .fonts/Install.otf

Saat menulis tutorial ini nama file font kami adalah Install.otf. Jadi, silakan sesuaikan dengan nama file dari font yang telah kamu unduh ya.

3. Install melalui terminal

Langkah terakhir, mari kita tuliskan perintah fc-cache di terminal. Proses ini merupakan bagian paling penting. Melalui perintah fc-cache, sistem akan membaca font baru di folder .fonts untuk di-install-kan ke sistem operasi.

fc-cache

Itulah Cara Install Fonts di Chromebook. Bagaimana? gampang bukan? Untuk memastikan bahwa font baru sudah benar-benar ter-install, kamu bisa menggunakan perintah fc-list

fc-list

Jika sudah berhasil terinstall, maka akan muncul pada output terminal-nya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *