Keunggulan Sistem Informasi Akademik Bagi Perguruan Tinggi dan Mahasiswa

  • Keunggulan Sistem Informasi Akademik Bagi Perguruan Tinggi dan Mahasiswa

PrilideStudio.com – Sistem Informasi Akademik adalah suatu sistem yang dirancang untuk keperluan pengeloaan data-data akademik dengan penerapan teknologi komputer baik hardware maupun software sehingga seluruh proses kegiatan akademik dapat terkelola menjadi lebih efektif dan efisien. Maka kita akan membahas keunggulan sistem informasi akademik di bawah ini.

Sistem akademik ini bertujuan untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan, sehingga perguruan tinggi dapat menyediakan layanan informasi yang lebih baik dan efektif kepada komunitasnya, baik didalam maupun diluar perguruan tinggi tersebut melalui internet.

Dengan adanya suatu sistem, diharapkan pengolahan data antara user dan bagian sistem akademik yang menerima inputan dari mahasiswa serta transaksi kegiatan perkuliahan dan kegiatan administrasi antara mahasiswa dan perguruan tinggi tersebut dapat berlangsung dengan baik.

Kira-kira Apa Saja Keunggulan Sistem Informasi Akademik Bagi Perguruan Tinggi dan Mahasiswa? Simak Di Bawah Ini :
Keunggulan Sistem Informasi Akademik Bagi Perguruan Tinggi:
  1. Memudahkan Proses Pengelolaan Data Akademik & Non Akademik
    Sistem Informasi Akademik sangat membantu dalam pengelolaan data nilai mahasiswa, mata kuliah, data staf pengajar/dosen serta administrasi fakultas/jurusan yang sifatnya masih manual untuk dikerjakan dengan bantuan software agar mampu mengefektifkan waktu dan menekan biaya operasional.

  2. Integrasi Data
    Mengingat di suatu Perguruan Tinggi tersebut terdapat beberapa aplikasi dan sistem, maka integrasi data ini sangat bermanfaat untuk menghindari duplikasi data. Integrasi berarti adanya keterkaitan antara suatu sistem dengan sistem yang lainnya. Dengan menggunakan integrasi data, ini artinya setiap masing-masing informasi dapat berbagi data yang sama dalam waktu yang bersamaan.

  3. Sebagai Pusat Informasi
    Dengan menggunakan Sistem Informasi Akademik, akan memberikan kemudahan bagi mahasiswa dan dosen dalam mengakses informasi dimanapun dan kapanpun. Informasi yang dapat diakses diantaranya Nilai Mata Kuliah, IP dan IPK, Jadwal Kuliah, Absensi, Data Mahasiswa maupun Dosen, dan masih banyak lagi yang berhubungan dengan informasi akademik.

  4.  Alat Rekam Segala Kegiatan Kampus
    Selain sebagai pusat informasi, Sistem Informasi Akademik juga dapat digunakan untuk alat rekam segala kegiatan kampus. Informasi kegiatan terbaru dikampus dapat di update di Sistem Informasi Akademik tersebut sehingga Mahasiswa dan Dosen yang berhalangan hadir dapat mengetahui kegiatan yang sedang berlangsung.

  5. Memberikan Laporan Perkembangan Mahasiswa Dalam Proses Belajar Mengajar
    Dengan adanya sistem informasi akademik kampus akan lebih mudah dalam memantau perkembangan mahasiswa dalam proses belajar mengajar, karena data kehadiran, nilai pembelajaran sudah ada di sistem informasi akademik.

  6. Memberikan Laporan Perkembangan Dosen dalam Kegiatan Belajar Mengajar
    Dengan adanya sistem informasi akademik juga dapat memantau perkembangan dosen dalam proses belajar mengajar.

  7. Kampus Lebih Up to Date
    Sistem informasi akademik menyajikan informasi yang dibutuhkan pihak universitas mengenai data akademik mahasiswa secara up to date dengan biaya yang murah.

  8. Meningkatkan Citra Kampus
    Sistem informasi akademik dapat meningkatkan citra perguruan tinggi sebagai kampus yang peduli, transparan, dan maju selangkah dibidang teknologi.

  9. Laporan Yang Komprehensif
    Mendapatkan laporan yang komprehensif tentang prestasi akademik mahasiswa, pembayaran SPP, dan lain-lain yang disajikan dalam bentuk online melalui media Web.

  10. Memudahkan Petugas Akademik
    Petugas penyedia layanan informasi akademik lebih mudah dalam melaksanakan tugasnya.

  11. Memudahkan Pelaporan Ke PDPT Dikti
    Memberikan kemudahan dalam pembuatan laporan untuk pelaporan data (PDPT) kepada DIKTI yang sesuai dengan standart nasional.

  12. Sebagai Panduan Dalam Menyusun Kebijakan Kampus
    Sistem Informasi Akademik juga dapat berfungsi sebagai pendukung untuk analisis data dalam menentukan keputusan Kampus

Manfaat bagi Mahasiswa:
  1. Memudahkan mahasiswa dalam pengisian dan perbaikan KRS
  2. Memudahkan dan mempercepat registrasi atau her-regestrasi dan pembayaran mahasiswa
  3. Memudahkan memperoleh data IP per semester, jadwal mata kuliah, nilai UTS, nilai UAS, nilai tugas, remedial, dan informasi-informasi terbaru dari jurusan.
  4. Mahasiswa dapat melihat nilainya melalui SIAKAD Mobile, sehingga lebih cepat.
  5. Mahasiswa dapat mengetahui informasi akademik kapan saja dan dari mana saja.
Kesimpulan

Adanya integrasi pada seluruh sistem informasi di sebuah kampus, selain menambah nilai plus sebagai kampus digital, integrasi ini dapat memberikan kemudahan baik bagi pengelola maupun pengguna sistem infromasi tersebut.

Tertarik mencoba aplikasinya? Yuk buruan isi formulir di bawah ini!

 

Tidak Ditemukan Bidang.

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.